Ruang Cinta untuk Palestina

Assalamualaikum,

Dalam hatimu
Pasti ada ruang cinta
Yang lebih terang
Dari esok hari yang suram

Satukanlah
Ruang itu untuk mereka
Redakan tangis derita
Dalam damai

Doa dan uluran tangan kita
Adanya di sana
Tempat yang terang
Di ruang cinta

Saat kelam cekam kehilangan
Hancurkan harapan
Lihatlah mereka
Membutuhkan cinta kita


Mendengarkan lagu Arinaga yang berjudul Ruang Cinta saat menulis tentang Palestina saat ini semakin memaknai rasa dan asa saudara-saudara kita disana. Tidak pernah membayangkan bagaimana ada diposisi saudara kita di Palestina, kehilangan orang terkasih terasa sesak di dada bahkan masa depan dan nyawa diri sendiri pun selalu terancam disetiap detiknya.

Dari update data per 27 Juni 2024, tragedi Genosida 7 Oktober 2023 silam menewaskan 37.084 jiwa yang 70% nya adalah anak-anak dan wanita. Ini jelas kejahatan perang yang luar biasa, bagaimana bisa masyarakat sipil yang tidak bersalah menjadi sasaran empuk kekejaman Israel. Tercatat juga ada 84.494 orang mengalami luka-luka dan 8.000 orang hilang. Tidak sedikit warga yang menjadi cacat fisik juga menjadi tawanan perang yang mendapatkan perlakukan sangat tidak baik selama menjadi tawanan perang.

Belum lagi tercatat 370.000 unit rumah hancur, 30 rumah sakit dan 110 layanan kesehatan mengalami rusak berat. 292 unit masjid hancur, 280 unit sekolah juga hancur dan 2.000.000 orang mengungsi di 231 titik pengungsian. Melihat data ini, kita bisa membayangkan kondisi disana, bagaimana dengan keadaan seperti itu warga Palestina bisa bertahan? Bagaimana masa depan mereka?. Dari data yang dihadirkan, hanya sedikit gambaran yang bisa kita tangkap dari keadaan disana, nyatanya mereka benar-benar terluka, menderita dan tidak berdaya.

Jika data-data diatas masih membutakan kita, tidak membuat kita berempati pada Palestina yang memang sedang dilanda kejahatan perang yang luar biasa, mungkin saja mata hati kita sudah mati atau mengeras seperti batu. Palestina merupakan salah satu negara pertama yang mengakui Indonesia sebagai negara merdeka secara de facto, di tanggal 6 September 1944. Pengakuan ini disebarkan ke seluruh dunia oleh seorang mufti besar Palestina, yang bernama Syekh Muhammad Amin Al-Husaini. Dukungan Palestina tehadap kedaulatan Indonesia sudah disampaikan sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia, Syeh Muhammad Amin Al-Husaini mengucapkan selamat kepada bangsa Indonesia meski belum resmi merdeka.

Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mendukung dan membantu kemerdekaan Palestina, yakinlah bahwa Palestina dapat merdeka. Jarak bukan jadi hambatan untuk kita ikut berjuang demi kemerdekaan Palestina.

Upaya yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Palestina 

1. Boikot Produk-Produk yang Terafiliasi dengan Israel

Beralih pada produk lokal jauh lebih baik. Dengan boikot kita membantu perguliran ekonomi pada Israel menurun, ini tentu akan sangat berdampak pada perang. Perang bukan lah sesuatu yang murah, mereka butuh modal besar untuk membeli alat-alat perang. Jika perekonomian menurun, tentunya mereka akan kekurangan alat atau bahkan menghentikan perang untuk memperbaiki ekonomi terlebih dahulu. Bantu memiskinkan Israel dengan boikot produk-produk yang mendukung atau terafiliasi dengan Israel.

Jika bingung produk mana saja yang harus diboikot, teman-teman bisa download aplikasi seperti No,Thanks!. Ketika berbelanja, siapkan aplikasi untuk scand barcode memastikan broduk yang akan kita beli bebas afiliasi Israel.

2. Bersuara untuk Palestina

Jaman digital ini dapat kita manfaatkan untuk terus bersuara dalam pembelaan dan kemerdekaan Palestina. Media sosial salah satu jalan yang bisa kita ambil untuk menyuarakan kebenaran dan fakta yang ada di bumi Palestina, sehingga dunia tau dan melihat kenyataan yang terjadi. Membagikan fakta dengan data yang terjadi. Palestina terhindar dari fitnah yang dibuat-buat, seluruh dunia akan tau keadaan sebenarnya, kejahatan perang yang dibuat oleh Israel tidak dapat ditoleril lagi. Hal ini dapat membuka mata banyak orang di seluruh dunia, dengan informasi digital yang cepat menyebar dan meluas. Sehingga akan semakin banyak yang membantu dan mendukung kemerdekaan Palestina.

3. Berdoa untuk Kemerdekaan Palestina

diriwayatkan oleh al-Hakim dalam Shahih-nya, dari 'Ali bin Abi Thalib, bahwasanya Rasulullah bersabda: Doa adalah senjata orang mukmin, tiang agama serta cahaya langit dan bumi.
Bantu kuatkan dengan doa-doa kita setiap shalat untuk keselamatan saudara-saudara di Palestina. Doa adalah hal yang paling mudah dan paling bisa kita kerjakan dan ini tentu akan sangat berarti untuk masyarakat Palestina.

4. Berdonasi Semampunya

Salah satu upaya kongkrit adalah kita bantu berdonasi untuk saudara-saudara kita di Palestina, pastinya sedekah yang diberikan akan sangat berarti untuk warga Palestina. Alhamdulillah di Indonesia sendiri Pemerintah sangat mendukung dan ikut berjuang membela Palestina sehingga kita akan mudah menyalurkan donasi atau bantuan bagi Palestina salah satu yang terpercaya adalah Rumah Zakat. Dalam data dari Rumah Zakat, Indonesia bersama Palestina berkolaborasi bersama 70.000 donatur perorangan, 266 mitra korporat dan komunitas. Bantuan dari Indonesia ke Palestina ini bisa dilihat langsung secara detail di website atau media sosial Rumah Zakat

  • Gerakan #LoveforPalestine Rumah Zakat
Menjelang hari kemerdekaan Indonesia ke-79, Rumah Zakat meluncurkan gerakan #LoveforPalestine. Sebuah gerakan untuk terus menyuarakan kemerdekaan Palestina, juga berupaya untuk mendistribusikan bantuan untuk masyarakat di Gaza dengan berkolaborasi dengan banyak pihak. Kita bisa ikut andil dalam upaya ini dengan berdonasi semampunya dan juga mengupayakan hal-hal diatas untuk membantu Palestina secara optimal.

Rencana distribusi bantuan kemanusiaan untuk Palestina ini dilaksanakan hingga November 2024, sehingga masih banyak kesempatan untuk teman-teman bisa berdonasi semampunya. Adapun beberapa jenis bantuan yang disediakan Rumah Zakat adalah ; Makanan, pakaian dan selimut, food basket, tangki air bersih dan waterwell.

Sebagai seorang ibu, salah satu upaya ku juga dalam mendidik dan melatih empati pada anak-anak untuk saudara-saudara kita di Palestinya yaitu dengan poin 5 ini.

5. Menanamkan Rasa Empati dan Kasih Sayang pada Anak-anak untuk Palestina

Di beberapa sekolah islam, termasuk sekolah anak sulung sudah sangat difasilitasi untuk mereka mengenal lebih dalam tentang negara Palestina dan apa yang terjadi disana. Hal ini sangat penting bagi penerus kita, menumbuhkan rasa empati dan kasih sayang bagi sesama manusia itu sangatlah penting untuk membentuk karakter anak yang memiliki kelembutan hati dan akhlakul karimah.
Sebisa mungkin, komunikasikan juga pada anak-anak tentang poin-poin diatas yang bisa kita upayakan dalam membela dan berjuang untuk palestina. Termasuk pada membantu anak-anak dalam bersedekah, menyisihkan sebagian uang jajan untuk saudara-saudara mereka disana.


Sekian 5 hal yang bisa diupayakan untuk membantu Palestina dengan jarak jauh, karena ini bukan soal agama melainkan Kemanusiaan. Palestina juga berhak Merdeka!

Comments

  1. Lewat peristiwa di 7 Oktober tahun lalu, saya sendiri jadi banyak belajar mengenai sejarah dunia, walau mungkin masih lebih buanyak lagi yang belum saya ketahui. Semangat untuk buycut terus ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangaattt boycut!!! terimakasih kak Akarui sudah mampir

      Delete

Post a Comment